Monday, March 26, 2012

Kue Kacang

Kue kering ini sering kita jumpai disaat Lebaran, meskipun diluar itu kita dengan mudah menemukan di warung-warung kecil yang dijual dengan harga satuan antara Rp 500 - 1000. Cukup murah, sebanding dengan harganya sehingga jangan harap kita dapat merasakan dominan kacang. Selain kastangel, kudapan ini juga menjadi favorit saya namun dikeluarga kami justru kue kacang jarang dibuat. Beda dengan nastar, kastangel dan wafer sembunyi yang menjadi langganan tiap tahun. Padahal saat coba googling resep ternyata cukup mudah lho membuatnya.


Kebetulan sekali ada sebungkus kacang tanah (kurang lebih 1 kg) yang sudah dikupas ulitnya kiriman dari mertua. Sebenarnya ada beberapa bungkus, namun karena saat itu kekurangan ide mau diapain akhirnya saya bagi dengan ibu saya dan hanya menyisakan sebungkus. Ada dua bulan kacang tersebut teronggok di kulkas tanpa disentuh hingga akhirnya saya teringat dengan hidangan sederhana ini. Akhirnya dengan membulatkan tekad untuk membuat kue kacang sebagai cemilan buat Zianka.


Saya menggunakan resep dari Dewi Joris yang terlihat paling mudah namun hasilnya tetap maksimal.


Bahan:
1 kg tepung terigu (saya menggunakan Segitiga Biru dan dikurangi)
500 gr gula halus (kebetulan ada sisa icing sugar, ga tau ukuran persisnya)
500 gr kacang tanah sangrai tumbuk
500 gr minyak goreng (yang berkualitas)
1 sdt vanili bubuk
kuning telur untuk olesan

Cara Membuat:
- Ayak gula halus dan terigu, masukkan vanili, kacang tumbuk, minyak goreng, aduk rata.
- Gilas adonan setebal kira-kira 5 mm (bisa lebih tapi jangan terlalu tipis), cetak sesuai selera, bisa berupa bulan sabit, bintang, hati atau yang lain.
- Taruh diloyang yang diolesi mentega, olesi bagian atas dengan kuning telur
- Panggang sampai matang 150 derajat celcius selama kira-kira 15-20 menit.



Karena tidak punya cetakan, maka saya bentuk bulat dengan tangan kemudian dipipihkan. Sewaktu masih panas, kue ini cukup lembek sehingga gampang pecah. Untuk memindahkan dari loyang perlu berhati-hati agar tidak pecah. Jadi kurang lebih 1,5 toples dan ludes dalam 3 hari saja.

No comments: