Thursday, February 05, 2009

Slumdog Millionaire : Tontonan Wajib !


Ini bukanlah sebuah review karena saya tak cukup pintar untuk merangkai kata indah dan memberikan penilaian. Hanya sebuah pendapat pribadi. Slumdog Millionaire, sebuah film garapan Danny Boyle, warga negara Inggris yang merupakan adaptasi dari novel karya Vikas Swarup dengan judul "Q & A".

Film yang mendapatkan penghargaan Golden Globe Award 2009 ini, kalau di negara kita seperti layaknya "Laskar Pelangi". Menceritakan perjalanan hidup Jamal, beserta kakaknya -Samil-, dan pujaan hatinya -Latika- dari anak-anak, remaja hingga dewasa dan mengikuti kuis "Who Want to be a Millionaire" yang kemudian memenangkankan hadiah terbesar. Jamal bukan seorang yang cerdas, maupun pintar. Seperti pertanyaan diawal film, Jamal memenangkan kuis tersebut karena itu adalah takdirnya. Jamal, Salim dan Latika tumbuh dalam kehidupan yang keras dan penuh perjuangan. Keberhasilannya menjawab keseluruhan soal dalam kuis tersebut merupakan pengalaman, kisah hidupnya di kota Mumbai yang dalam film ini diceritakan dalam kilas balik.

Di India sendiri kabarnya film ini menuai banyak protes. Bila biasanya film-film Bollywood menggambarkan kehidupan yang glamour, penuh kemewahan, nyanyian, dan tarian maka film ini merupakan kebalikannya. Sisi gelap India diceritakan dalam bentuk kemiskinan.

Meski tanpa bintang kondang (ada sih, tapi cuma cameo saja, terkecuali si pembawa acara kuis yang diperankan oleh Anil Kapoor).

Untuk mengisi liburan, film ini sangat layak ditonton meski ada beberapa adegan yang bisa dibilang cukup sadis untuk dilihat anak-anak yaitu saat "pencukilan" bola mata Arvind oleh anak buah Maman.

Oya, ini poto Jamal Malik kecil di adegan paling lucu menurut saya.
* Terima kasih buat suamiku yang sudah menyempatkan untuk mendownload film ini.*

No comments: