Friday, January 16, 2009

Bolu Kukus Ketan Item


Musim hujan, bagi saya identik dengan rasa lapar yang makin menjadi. Dan kalau diturutin dengan terus menurus beli "cemilan" akan menguras kantong. Jadi saya mulai rajin brosing menu-menu masakan yang gampang dibuat. Kebetulan sekali, sahabat saya pernah mempraktekkan Bolu Kukus Ketan Item. COba cari alternatif menu lain, ternyata hampir semuanya sama. Walhasil akhirnya kemarin sepulang kantor mampir ke blok m buat beli ketan item. Karena ga ada, akhirnya resep ini saya modifikasi. Alhamdulillah ludes....Mantan pacar pas ditanyain sih ga jawab, tapi dari caranya yang tiap abis langsung ngambil lagi dapat disimpulkan bahwa kue ini ENAK.


Berikut resep asli dan hasil modifikasi.

350 gr tepung ketan item (Carefour ga ada, lebih baik beli di pasar tradisional, atau beli ketan item baru dihaluskan)
300 gr gula pasir
* Saya menggunakan Pondan untuk Brownies kukus ketan item 400 gr ditambah 4 sendok makan gula pasir *
5 btr telur
200 ml santan Kara
150 ml minyak goreng
1/2 sdt TBM
1/2 sdt vanilla
* 2 sdm tepung maizena
* 1 sdm susu bubuk


Cara Membuat:
1. Kocok telur, gula pasir dan TBM hingga berwarna putih/mengembang.
2. Masukkan santan, minyak goreng, dan vanila. Kemudian lanjutkan dengan pondan, susu dan tepung maizena. Aduk rata, jangan terlalu lama.
3. Tuang dalam loyang, kukus selama 30 menit. Jangan lupa tutup panci dilapisi dengan kain agar uap/air tidak jatuh ke adonan kue.

Karena saya menggunakan loyang yang berukuran besar, walhasil kuenya jadi terlihat rendah seperti tidak mengembang :(. Tapi rasa tetap enak siiihh.....

No comments: