Tuesday, February 02, 2010

Mencari Nama = Pusing

Sepertinya pepatah Apalah arti sebuah nama sekarang ini sudah tak berlaku, khususnya buat saya sendiri. Mempersiapkan nama untuk si kecil yang akan segera lahir adalah hal yang menyenangkan namun sekaligus bikin pusing. Seandainya mengikuti kata Om Shakespeare dengan gampangnya kami akan menamai si Kecil dengan nama Panjul, Krucil dsb toh nama hanya panggilan saja kan ? Tapi kenyataannya tidak, karena bagi kami nama itu adalah doa, harapan orangtua pada anaknya.
Memasuki bulan ke-8 usia kehamilan, kami masih belum menemukan nama yang cocok untuk buah hati kami. Inginnya memberikan nama yang berbeda yang membuat saya jadi lebih memperhatikan nama anak teman-teman kami, unik namun tidak menyusahkan. Saya jadi maklum kalo nama yang susah-susah kita cari ternyata akhirnya ditiru oleh orang akan membuat sangat-sangat kesal, seperti yang pernah dialami Mba De. Lha wong untuk bisa menemukan sebuah kata yang pas dan enak diucapkan serta didengar saja sulit apalagi untuk merangkainya menjadi sebuah nama yang indah.


Memberi nama bukanlah yang pertama buat saya. Sebelumnya sudah ada 3 keponakan yang saya beri nama. Tapi saat harus menentukan label untuk anak sendiri ternyata lebih memusingkan. Walaupun kriteria yang saya gunakan masih sama yaitu 3 suku kata, ada unsur Islami atau Arab, serta ada kata-kata umum yang bisa digunakan untuk nama seperti Bintang, Langit, Bumi, Rindu dan sejenisnya (pi kok banyak yang dah make nama-nama itu ya.....). Namun karena nama anak-anak sekarang terbilang keren-keren, tentunya kami juga tak ingin memberikan nama yang membuat anak kami jadi bahan ledekan atau merasa minder.


Sebenarnya saya sendiri sudah menyimpan cukup banyak "bahan" untuk nama hasil googling,  tapi saat harus merangkai waduh benar-benar blank. Sepertinya semua nama bagus hehehehehe, (kalau ga menyusahkan mah pake aja semuanya ya). Padahal sudah dipermudah dengan diketahuinya jenis kelamin si kecil yang Insya Allah cewek (dan ini membuat saya hanya mempersiapkan nama cewek, ya Allah semoga ga berubahh.......). 

Atau biar gampang saya bikin sayembara saja ya.....??? Huehehehehe sepertinya boleh juga tuh. Dan karena masih belum punya "label" yang pasti sementara ini kami memanggilnya dengan dede, nak, cinta, sayang. Atau ada yang mau membantu kami memberi ide/pencerahan untuk nama anak kami ?


Note: Buat yang sedang pusing mencari nama untuk anaknya, berikut beberapa site yang sering saya plototin untuk mendapatkan inspirasi :
http://www.katamutiara.info/namabayi.php
http://www.melindahospital.com/melindahospital/modul/user/baby_name.php
http://namabayi1000.blogspot.com
http://namaindah.com/cari.php
http://www.babynameworld.com/
http://www.babynamenetwork.com/index.cfm


1 comment:

nama bayi unik said...

Hai semua ayo silahkan pesan nama bayi yang anda inginkan. cukup dengan 50 rb rupiah anda bs mendapatkan 3 nama bayi perempuan dan 3 nama bayi laki-laki. Jika msh belom cocok dengan nama yang berikan oleh kami, anda bs mengkonfirmasikannya dengan kami...

silahkan sms ke FREYA : 081 380 220 789

Silahkan klik ini untuk melihat contoh nama http://www.facebook.com/note.php?note_id=354212238972