Friday, April 17, 2009

Kataku Tentang Sahabat

Hsya, hortensya adalah 2 kata yang sering saya jadikan sebagai nama samaran, id dan semua hal yang berkaitan dengan ingat-mengingat. Dan banyak orang yang menanyakan mengapa saya menggunakan kata itu, siapa/apa maknanya/bagaimana awal mulanya? Hsya adalah singkatan dari hortensya, dan hortensya adalah nama tim Pramuka saya saat masih berseragam putih biru. Beranggotakan 10 orang Lani, Rossa, Rossi, Windi, Rita, Linda, Lusi, Gita, Ida, Era sesuai dengan urutan berbaris (agak lupa juga sih posisinya). Kenapa saya memakai nama itu adalah dikarenakan bersama hortensya saya tau dan belajar tentang persahabatan.

"Itulah gunanya teman". Kata itu sering sekali mereka lontarkan pada saya. Dan inilah yang membuat saya begitu mencintai hortensya. Banyak kenangan indah, suka duka, prestasi kami alami dan raih selama 3 tiga tahun kebersamaan.

Bicara tentang persahabatan, saya termasuk orang yang mengagungkan persahabatan dan menempatkannya di atas cinta (pada pacar). Sahabat adalah teman tempat kita mencurahkan segala rasa suka dan duka, tempat berbagi, teman yang tahu perasaan kita, teman yang dapat menerima kita apa adanya, mendukung, memperingatkan saat lupa,memotivasi saat jatuh. Masih banyak definisi sahabat, tergantung bagaimana kita mengartikannya. Namun yang pasti sahabat adalah seseorang yang sangat penting dan berperan dalam kehidupan kita. Sebegitu pentingnya hingga ada yang mengatakan " Untuk tahu baik buruknya seseorang lihatlah dengan siapa dia bersahabat".

Kita mempunyai banyak teman, namun dari sekian banyak itu berapa yang kita anggap sebagai sahabat?
Dan berapa banyak sahabat sejati anda?

Tak usahlah dijawab, yang pasti sebuah persahabatan yang dilandasi dengan keikhlasan dan diniatkan karena Allah amatlah mahal harganya. Bukankan Rasulullah pun menganjurkan kita untuk menjalin persahabatan melalui hadis “ Tidak sempurna iman seseorang diantara kalian hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri”( HR: Bukhari dan Muslim).

Teman, sahabat itu mahal harganya. Sahabat itu sulit dicari lebih sulit daripada mencari pacar. Maka jaga dan peliharalah persahabatan yang telah kau jalin.

Teruntuk Sahabatku, aku mencintai dan menyayangimu tak sebatas hanya dibibir saja. Semoga kita bisa menjadi sahabat dunia dan akhirat. Taukah kau ini semua begitu menyakitkan, bahkan lebih sakit dari patah hati karena pacar. Maafkan aku.......Akankah kita bisa seperti dulu lagi? Love U Sahabatku, dari lubuk hati terdalam.

Gambar diambil dari http://cheyipuc.files.wordpress.com

1 comment:

yasmin said...

sahabat adalah ladang hati ...:) tulisannya bagus bagus....