Wednesday, June 01, 2005

Star Wars

Nonton Star Wars ? Sudah donk....Dan ternyata memang ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari film ini. Tidak hanya sekedar hiburan yang bisa kita saksikan dengan mengganti HTM seharga Rp. 35.000,00 (atau mungkin Rp 125.000, 00 di Pasaraya Grande ?).

Setidaknya setelah membandingkan, mempelajari atau tepatnya "ngepas-pasin" dengan kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Sifat dasar manusia yang tidak pernah merasa puas, sehingga membentuk keinginan untuk mencapai sesutau yang lebih, lebih dan lebih lagi. Bila itu kita pandang sebagai sesuatu yang positif sehingga memacu kita untuk lebih kreatif (kere dan aktif), inovatif dan akhirnya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Tapi gimana klo hal itu untuk suatu hal yang bisa menimbulkan sisi negatif seperti kekuasaan, harta, kejayaan (gold, glory) ??? Belum lagi keinginan untuk merubah nasib. Andaikan kita berbuat dengan bijak maka benarlah apa yang difirmankan Allah, "......Dan aku tidak akan merubah nasib suatu kaum sehingga mereka merubahnya sendiri". Namun haruskah "merubah nasib" itu juga merubah takdir yang telahj digariskan Allah pada kita ?? Dan bukan kah sudah jelas bahwa hidup, mati, rejeki dan jodoh itu ditangan Allah??

Pelajaran berharga yang bisa kita petik melalui sebuah film. Tinggal kita menentukan sikap kita sendiri. Akankah kita menjadi seorang Anakin yang berkeinginan merubah takdir yang akan menimpa kekasihnya dengan menempuh hal yang bertentangan dengan kebenaran ?? Akankah kita menjadi seorang sahabat yang sejati, atau menghancurkannya karena kekuasaan ?? Dan mungkin seribu tanya lain yang akan timbul. Namun yang pasti...* Cinta hakiki adalah cinta pada Allah, cinta sejati adalah cinta pada sahabat dan cinta murni adalah cinta pada orang tua *

1 comment:

hotma said...

Owww... gitu toh kalo nonton pilem dianalogikan di kehidupan qta ya? maklum ga hobi nonton :P